Penilaian Formatif (Formative Assessment)
Penilaian formatif dimaksudkan untuk
memantau kemajuan belajar peserta didik selama proses belajar berlangsung,
untuk memberikan balikan (feed back) bagi penyempurnaan program
pembelajaran, serta untuk mengetahui kelemahan-kelemahan yang memerlukan
perbaikan sehingga hasil belajar peserta didik dan proses pembelajaran guru
menjadi lebih baik. Tujuan utama penilaian formatif adalah untuk memperbaiki
proses pembelajaran, bukan untuk menentukan tingkat kemampuan peserta didik.
Penilaian formatif sesungguhnya merupakan penilaian acuan patokan (criterion-referenced
assessment).
Hasil penilaian formatif ini
bermanfaat bagi guru dan peserta didik
a.
Manfaat
bagi guru : 1) guru akan mengetahui sejauh mana bahan pelajaran dikusai oleh
peserta didik. 2) guru dapat memprakirakan hasil penilaian sumatif.
b.
Manfaat
bagi peserta didik : 1) dalam belajar berkelanjutan, peserta didik harus
mengetahui susuna tingkat bahan-bahan pelajaran. 2) melalui penilaian formatif
peserta didik akan mengetahui butir-butir soal mana yang sudah betul-betul
dikuasai, sehingga dapat diketahui bagian-bagian mana yang harus dipelajari
kembali secara individual.
ADS HERE !!!