Penilaian Sumatif (Summative Assessment)
Istilah “Sumatif” berasal
dari kata “sum” yang berarti “total obtained by adding together
items, number or amounts” penilaian sumatif berarti penilaian yang
dilakukan jika satuan pengalaman belajar atau seluruh materi pelajaran dianggap
telah selesai. Dengan demikian, ujian akhir semester dan ujian nasional
termasuk penilaian sumatif. Penilaian ini diberikan dengan maksud untuk
mengatahui apakah peserta didik sudah menguasai standart kompetensi yang telah
ditetapkan atau belum. Tujuan penilaian sumatif adalah untuk menentukan nilai
(angka) berdasarkan tingkatan hasil belajar peserta didik yang selanjutnya
dipakai untuk perbaikan rapor. Penilaian sumatif termasuk penilaian yang menggunakan
pendekatan acuan norma (norm-referenced assessment), kemampuan peserta
didik dibandingkan dengan teman kelompoknya. Cakupan materinya lebih luas dan
soal-soalnya meliputi tingkat mudah, sedang dan sulit. Adapun fungsi utama
penilaian sumatif, sebagai berikut:
1)
Untuk
menentukan nilai akhir peserta didik dalam periode tertentu. Dengan demikian
guru akan mengetahui kedudukan seorang peserta didik dibandingkan denga peserta
didik yang laindalam hal prestasi belajarnya. Dari sinilah seorang guru dapat
memberikan rangking pada peserta didik.
2)
Untuk
memberikan keterangan tentang kecakapan atau ketrampilan peserta didik dalam
periode tertentu.
3)
Untuk
mempraktikan berhasil tidaknya peserta didik dalam pelajaran berikutnya yang
lebih tinggi.
ADS HERE !!!